Berita Terkini

LOMBA PILAR-PILAR SOSIAL BERPRESTASI

Post Title

24 Mei 2022, pengumuman hasil lomba pilar-pilar sosial berprestasi telah di umumkan. Perlombaan tahunan yang digelar di Rocky Plaza Hotel Jl. Permindo  No. 40 Padang, berlangsung dari tanggal 20 Mei 2022 sampai dengan 22 Mei 2022. Kegiatan ini meliputi penilaian tahap I (ekpose dan wawancara) pilar-pilar sosial berprestasi yang dikuti oleh 19 Kabupaten/Kota di lingkungan Provinsi Sumatera Barat. Perlombaan dimaksudkan untuk memberikan penghargaan/ apresiasi pada pilar-pilar sosial.

Pilar-pilar sosial merupakan bagian dari unsur pekerja sosial, yang bertugas untuk menyelenggarakan kesejahteraan sosial di masyrakat. Pilar-pilar sosial sendiri terdiri atas Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Karang Taruna (KT), Organisasi Sosial/ Lembaga Kesejahteraan Sosial (Orsos/LKS), merupakan pelaku penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Pada tahun 2022 ini, Dinas Sosial Kabupaten Lima Puluh Kota mengutus Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dari Juniarti dari PSM Durian Gadang, Kec. Akabiluru. Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) diwakili oleh Alwisra Kec. Pangkalan Koto Baru. Karang Taruna diwakili oleh Asriyon selaku ketua dari Karang Taruna Bangun Saiyo Nagari Koto Bangun, Kec. Kapur IX. Organisasi Sosial/ Lembaga Kesejahteraan Sosial (Orsos/LKS) diwakili oleh Hj. Wirdati, S.Pd, dari Yayasan Ibrahim, Nagari Situjuah Batua, Kec. Situjuah Limo Nagari, yang sekaligus menjadi satu-satunya perwakilan dari Kabupaten Lima Puluh Kota yang masuk ke 5 besar penilaian tahap satu.

Yayasan Ibrahim beralamatkan di Jl. Khatib Sulaiman Situjuah Batua, kec. Situjuah Limo nagari, kab. Lima Puluh Kota. Pada tanggal 29 April 2007 telah diresmikan pemondokan bagi anak asuh panti asuhan anak yatim Ibrahim oleh Bapak. Ir. Irfendi Arbi yang saat itu menjabat sebagai wakil bupati Kabupaten Lima Puluh Kota. Pertama didirikan, anak di dalam panti berjumlah 16 orang yang terdiri atas 7 orang anak laki-laki, dan 9 orang anak perempuan. Seiring dengan berjalannya waktu, data terakhir menunjukkan pada bulan juni tahun 2021, penghuni panti berjumlah 26 orang.

Dengan visi “meningkatkan SDM anak yatim dan anak terlantar, berkarakter dan berakhlak Al-Qur’ani” Yayasan Ibrahim mampu masuk ke lima besar penilaian tahap I lomba pilar-pilar berprestasi tingkat provinsi Sumatera Barat. Dengan menonjolkan karya nyata dan inovasi berupa penyambutan tamu (TeAsDO) dimana setiap tamu yang datang ke panti akan disugihi dengan TeAsDo yang bukan merupakan minuman the manis atau the es melainkan Akronim dari tahfidz (T). Asmaul Husna (As), Do’a (Do).

Tidak hanya dalam keagamaan, tapi yayasan juga melakukan inovasi untuk kemandirian anak-anak panti dengan usaha pupuk organik, tanaman hidroponik, dan penangkaran murai batu, serta kegiatan pertanian serta perkebunan. Dengan kegiatan ini diharapkan anak-anak bukan hanya mendapatkan Pendidikan umum tapi juga mendapatkan life skill.

Sebagai satu-satunya perwakilan dari Dinas Sosial Kab. Lima Puluh Kota yang memasuki lima besar dalam penilaian tahap I ini, Yayasan Ibrahim diharapkan dapat menyampaikan program dan inovasinya hingga tingkat nasional. Dinas Sosial siap untuk memberikan support dan membantu persiapan untuk penilaian lapangan seperti yang titah dari sekretaris dinas sosial kab. Lima puluh kota. Kegiatan penilaian lapangan akan dilakukan pada hari Selasa, 7 juni 2022.

Video Terbaru


Agenda

Download


Saran Masuk


Polling